Week 1 – Hadi Syah Putra

Minggu pertama pada sprint 1 ini saya manfaatkan untuk belajar dan mencari-cari informasi yang dibutuhkan. Awalnya kami mengalami kendala pada database yang akan digunakan. Pertama kali, kami menggunakan mysql karena disarankan oleh mentor dari partner kami, Jojonomic. Namun, karena penambahan add-on mysql pada server Heroku perlu memasukkan kartu kredit, kami menggantinya dengan postgre yang gratis dan mentor kami pun membolehkannya. Affan telah membuat satu table, yaitu user dan sudah saya hubungkan dengan pgadmin pada local. Berikut merupakan link yang berisikan langkah-langkah untuk mengintegrasikan postgre pada Heroku ke local: stackoverflow.com/questions/11769860/connect-to-a-heroku-database-with-pgadmin.

Postgre heroku

Oiya, sebelum sprint pertama, kami sempat ke lokasi partner kami. Kami di sana mendapatkan “pencerahan”, yaitu ternyata kami tidak mendapatkan akses ke database jojonomic, sehingga kami perlu membuat proyek ini benar-benar dari awal”. Akhirnya, kami perlu mendesain ulang backlog kami dan menjadi “banyak” yang perlu dilakukan. Di dalam kelompok ini, saya lebih berperan sebagai pencari informasi (perantara kelompok PPL dengan mentor dan scrum master), orang yang memfinalisasi kerjaan (seperti menuliskan backlog pada pivotal tracker), dan penyimpan informasi (nyimpan2 informasi pada LINE notes).

Lanjut lagi ke pengalaman di sprint 1: selain, menyiapkan environment yang dibutuhkan, saya juga meminta Kak Luthfi, scrum master kelompok PPL saya, untuk menginisiasi gitlab, sehingga saya bisa membuat branch develop. Saya juga mencoba-coba menggunakan gitlab, yaitu dengan membuat issue baru yang saya namakan mig. Branch ini saya rencanakan untuk menyiapkan script untuk melakukan migrasi database.

Jujur, minggu pertama ini cukup berat bagi saya. Saya banyak menghabiskan waktu untuk mencoba-coba segala hal yang bisa saya lakukan, namun belum jelas tujuannya untuk apa. Saya mencoba mempelajari Heroku, mengerjakan tutorial laravel dan php pada heroku, registrasi GitRunner (gagal terus dan sudah dibuat oleh Angga), mencari tahu script untuk migrasi data postgre, dan mencari tahu apa itu provisioning server. Untuk mengatasi kendala yang ada, saya akan bertanya pada teman saya yang telah berhasil melakukannya. Semoga saya dan teman-teman saya dapat memahami keseluruhan dari backlog chores. Doakan kami agar proyek ini dapat berjalan dengan baik dan selesai pada waktunya. Aamiin. Semangat untuk PPLA3!!! You can do it, blay!

personal apps heroku

Gambar di atas merupakan screenshot proyek yang dibuat untuk mengerjakan tutorial php dan laravel pada heroku. Aplikasi hasil pengerjaan tutorial php dapat diakses pada https://dry-fjord-37354.herokuapp.com/ dan tutorial laravel pada https://floating-woodland-15742.herokuapp.com/

Leave a Reply

