Week 1 – Mohamad Harits Nur Fauzan

Saya akan coba bercerita tentang apa yang sudah saya lakukan selama satu minggu ini.

Hari Kamis kemarin kami pergi ke kantor Jojonomic sebagai product owner untuk klarifikasi apa yang sudah kami lakukan. Ada kesalah-pahaman diantara kami dan tim Jojonomic dimana kami berfikir bahwa aplikasi yang kami buat adalah semacam ‘upgrade’ untuk aplikasi mereka yang sudah ada, tapi ternyata ekspektasi mereka aplikasi kami merupakan aplikasi standalone, bukan berupa ‘upgrade’. Dan kami pikir aplikasi kami tidak perlu database user yang menggunakan aplikasi kami karena sudah disediakan oleh Jojonomic, namun setelah klarifikasi ternyata kami memerlukan database tersendiri untuk pengguna.

Dalam konfigurasi database, Jojonomic meminta kami untuk menggunakan MySql karena mereka menggunakan database tersebut. Setelah kami mencoba untuk menggunakan MySql, kami tidak menemukan database untuk heroku yang gratis yang mencukupi kriteria kami. Heroku menyediakan server MySql namun kami perlu menggunakan kartu kredit. Setelah mendiskusikan hal tersebut dengan Jojonomic dan asisten dosen kami, kami memutuskan untuk menggunakan database postgres. Database sudah dapat terkoneksi dengan baik, namun pembuatan tabel belum selesai dan masih dalam pengerjaan.

Screen Shot 2017-03-09 at 12.41.50 PM.png

Dalam pengerjaan backlog chores, saya diberikan tugas untuk membuat Gitlab CI untuk Java. Saya perlu membuat file .gitlab-ci.yml yang berfungsi untuk unit testing, functional testing, dan beberapa pengecekan lainnya. File tersebut sudah berhasil saya push namun diperlukan beberapa integrasi karena sudah ada file tersebut di git-nya hasil dari teman saya yang mem-push sebelum saya.

Minggu ini saya juga sudah memulai belajar framework yang akan kami gunakan yaitu Laravel. Sebenarnya saya ditugaskan untuk menjadi database engineer, namun saya juga ingin membantu Hadi dalam pengerjaan API dan backend lainnya. Saat ini saya belum bisa menggunakan framework itu sih 😛

Leave a Reply

