Week 2 & 3 – Hadi Syah Putra

Selamat siang teman-teman, pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan hal-hal apa saja yang telah saya lakukan untuk menyelesaikan keperluan pada sprint 1.

Adapun yang telah saya lakukan, yaitu:

a.       Mencoba untuk melakukan migrasi dengan database terkoneksi pada database add-ons pada Heroku (bagian dari belajar membuat RESTAPI pada laravel)

Pada bagian ini saya telah berhasil membuat migration. Adapun fungsi migration, yaitu membuat tabel di database secara otomatis. Perintah yang digunakan, seperti: php artisan migrate:make create_table_comments create=comments. Dengan command seperti ini, berarti kita kan membuat table CreateTableComments  dengan terdapat skema comments di dalamnya. Kemudian, ketika saya menjalankan migration dengan command php artisan migrate, saya mendapatkan PDO Exception dan perjalanan saya untuk membuat RESTAPI pada laravel terhambat pada bagian ini. Berikut merupakan tampilan ketika menjalankan php artisan migrate:

PDOException.JPG

b.       Mengubah absen-in yang awalnya menggunakan php framework menjadi laravel

Pada bagian ini saya telah berhasil melakukannya. Namun, butuh waktu berjam-jam bagi saya untuk mengetahui letak kesalahan saya, yang membuat saya tidak bisa push ke Heroku. Yang diperlu dilakukan untuk melakukan hal ini, yaitu pertama-tama saya menghapus proyek php pada aplikasi absen-in pada heroku. Kemudian saya remote Heroku ke absen-in dan kemudian ngepush dengan syarat sebagai berikut: tidak mencopy paste folder .git, menghapus env pada gitignore agar terbaca app_key pada bagian environment, dan menghapus file composer.phar

c.       Belajar membuat Controller pada laravel, termasuk authentication serta belajar membuat view, routing, dan keterkaitannya dengan controller

Pada bagian ini saya belajar bagaimana framework laravel bekerja. Untuk membuat tampilan, maka diperlukan pembuatan view dan alamat yang digunakan untuk menampilkan tampilan tersebut, yaitu pada route. Adapun kelas controller yang akan berisikan fungsi-fungsi yang berkaitan dengan suatu tampilan.

d.       Setting environment laravel

Adapun langkah-langkah yang dilakukan:

1.       Clone proyek terlebih dahulu

2.       Composer install

3.       env.example di copy ulang terus rename jadi .env dan atur database yang akan digunakan

4.       php artisan key:generate

5.       php artisan serve

Cukup melelahkan bagi saya pada minggu ini. Saya harus berhadapan dengan error-error yang terjadi. Semoga dengan cepat saya mampu menghandle kendala-kendala yang terjadi, sehingga memungkinkan saya cepat dalam pembuatan API. Doakan kami, semoga proyek ini selesai lebih cepat atau tepat pada waktunya. Aamiin 😊

Leave a Reply

