Week 2-3 – Mohamad Harits Nur Fauzan

Hai, saya akan lanjut bercerita ya…

Jadi tugas yang diberikan ke saya, mengelola database, inshaAllah sudah rampung semua untuk sprint pertama. Mulai dari konfigurasi database, membuat ERD (masih kecil, rencananya untuk sprint berikutnya akan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan aplikasinya), merubah ke skema relasional, mengimplementasikan di database, dan memasukkan dummy database (walau masih dikit banget karena emang kebutuhannya belum banyak sih :p).

Berikut adalah ERD versi satu (untuk sprint pertama saja):

219635.jpg

Berikut skema relasionalnya:

219924

Jadi setelah diimplementasi di Postgres, ternyata ada beberapa yang harus diperbaki karena kebutuhannya agak berubah-ubah. Berikut adalah kondisi database terakhir (dan ada data dummy yang baru tiga doang wkwkwkw):

Screen Shot 2017-03-23 at 9.52.29 AM

Screen Shot 2017-03-23 at 9.52.17 AM.png

Screen Shot 2017-03-23 at 10.01.42 AM.png

Screen Shot 2017-03-23 at 9.51.56 AM.png

Perubahannya:

  1. Pada table User ada penambahan kolom Email,
  2. Pada table History ada perubahan pada kolom Time menjadi Time_Checkin dan Time_Checkout untuk mencatat waktu absen masuk dan absen pulang, penambahan kolom Date untuk mencatat tanggal absensi, dan penambahan kolom Description.

Karena database sudah bisa ditinggalkan, saya sempat beralih untuk membuat API karena memang masih banyak yang harus dikerjakan di bagian API. Saya kebagian untuk mengerjakan submit API. Cuman ternyata untuk mengerjakan API gak semudah yang saya bayangkan karena kita harus menggunakan framework Laravel dan semua anggota kelompok kami gak ada yang familiar dengan framework tersebut lol.

Saya sudah sempat belajar basic Laravel dari berbagai sumber seperti Youtube, Laracasts, dan dokumentasi resmi Laravel. Untuk konsep dasar penggunaan Laravel saya sudah mulai paham dan semoga dalam waktu dekat sudah bisa mulai mengerjakan API. Kendala yang sampai sekarang saya masih bingung adalah bagaimana cara menggunakan API yang dibuat dalam Laravel pada Android. Semoga sebelum UTS sudah bisa membuat API :”

Leave a Reply

