Week 4 & 5 – Mohamad Harits Nur Fauzan

Mungkin cerita kali ini agak panjang, saya mau bercerita soal akhir dari sprint satu kemarin dan perjuangan kita menempuh sprint review (asek).

Jadi sprint review pertama dilaksanakan saat minggu UTS, tepatnya hari Kamis. H-1 sebelum kami review sebenarnya masih banyak sih yang belum diselesaikan, tapi kita juga planning untuk menyelesaikan semuanya di hari Rabu.

Untuk database, sekitar empat hari sebelum sprint review saya sudah selesai membuat migration, model, dan seedernya. Semuanya sudah fungsional, dan sudah tidak ada masalah. berikut adalah salah satu contoh migration, model, dan seeder:

Screen Shot 2017-04-05 at 10.33.55 PMScreen Shot 2017-04-05 at 10.34.21 PMScreen Shot 2017-04-05 at 10.35.02 PM

Dari paling atas: migration, seeder, model

Karena database sudah solved semua, saya ikut mengerjakan task API yaitu submit attendance yang berfungsi untuk absen hadir. API tersebut akan memasukkan data yang dimiliki oleh user ke database. Input diterima dari sisi Androidnya. Berikut adalah API nya:

Screen Shot 2017-04-05 at 10.33.27 PM.png

Maaf berantakan padahal di local nggak :”(

Nah, singkat cerita, seluruh aplikasi sudah bisa dijalankan, saat demo di sprint review juga tidak ada masalah, hanya saja ada yang harus diperbaiki dari segi kerapihan git dan code coverage yang belum memenuhi target. Itu rencananya akan kami solve saat sprint dua ini, mungkin minggu ini.

Agenda saya untuk sprint dua ini banyak banget, mulai dari revisi database (erd, migration, seeder, model), sampai bikin API (yang alhamdulillah sudah lancar Laravel). Namun saya harus catch-up beberapa mata kuliah lain yang sempat saya telantarkan kemarin, jadi sejak sprint review saya hanya mencari artikel untuk dipelajari. Saya sudah sharing di post sebelumnya mengenai Agile Manifesto dan Principle jadi silakan dibaca-baca ya. 🙂

Leave a Reply

